Peningkatan konsumsi kopi di Indonesia yang selalu bertambah setiap tahunnya membuat banyak perusahaan serta usaha mikro kecil dan menengah berkecimpung memproduksi minuman berbahan dasar kopi. Salah satu strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan minat beli adalah social media marketing. Point Coffee menggunakan platform media sosial Instagram karena menduduki peringkat dua pengguna terbanyak di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh strategi komunikasi pemasaran social media marketing yang dilakukan oleh Point Coffee terhadap minat beli konsumen. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, variabel independen penelitian ini adalah social media marketing yang memiliki lima indikator, antara lain online communities, interaction, sharing of content, accessibility, dan credibility. Terdapat Variabel dependen yaitu minat beli konsumen yang memiliki empat indikator, antara lain attention, interest, desire, dan action. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuesioner dengan Google Form kepada 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada implementasi strategi komunikasi social media marketing Point Coffee di Instagram terhadap minat beli konsumen sebesar 40.8%. |