Situasi pandemi menuntut masyarakat harus dapat beradaptasi dengan melakukan aktivitas serba digital. Perkembangan digitalisasi ini, dirasakan pula terhadap peningkatan penggunaan media sosial, salah satunya merupakan Instagram. Dengan adanya peningkatan tersebut, pada masa kampanye, Instagram digunakan pula menjadi salah satu wadah kampanye online. PPP merupakan partai yang aktif dalam melakukan kampanye melalui Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis strategi kampanye politik Partai Persatuan Pembangunan di Instagram pada pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi politik dan kampanye politik online. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan perolehan data melalui wawancara mendalam bersama ketua divisi Infokom PPP, Wakil Sekertaris Bappilu Bid Logistik PPP, Komandan Media Sosial PPP, Admin Instagram PPP, dan 3 pengikut Instagram @dpp.ppp, serta melakukan observasi pada akun Instagram @dpp.ppp, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi kampanye politik online Partai Persatuan Pembangunan mencakup aspek: PPP sebagai partai Islam yang rahmatan lil alamin, menerapkan mix content yang terbagi menjadi dua yaitu konten formal dan non-formal. Konten formal bersifat politik seperti pesan politik, bappilu, safari politik, silaturahmi, infografis, kebijakan fraksi, videografis, ceramah, podcast dan dukung 03. Selain itu terdapat konten formal yang bersifat entertain seperti animasi, brand personification, outfit para caleg, tren viral dan tips-tips. PPP memanfaatkan 11 fitur Instagram untuk kampanye seperti feeds, reels, collaboration, hashtags, tags, comments, likes, stories, highlights, direct messages, serta captions. Terdapat peningkatan jumlah followers serta likes yang relatif banyak pada Instagram PPP, sehingga para followers dari gen z dan milenial yang menjadi target sasaran pada kampanye online PPP dapat mempertimbangkan PPP untuk dipilih pada pemilu 2024. |