Anda belum login :: 22 Nov 2024 22:40 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ANTARA PERILAKU DISIPLIN DENGAN DETERMINASI DIRI SISWA KELAS V SDN 015 BARONG TONGKOK
Bibliografi
Author: Hiron ; Mamahit, Henny Christine (Advisor)
Topik: Kata kunci: determinasi diri; perilaku disiplin; siswa SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perilaku disiplin merupakan salah satu bagian penting yang dibutuhkan siswa untuk memiliki dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkannya. Perilaku disiplin adalah suatu tindakan yang menunjukan pribadi taat atau patuh pada peraturan. Determinasi diri adalah kemampuan untuk menggunakan otonomi untuk tujuan hidupnya sendiri sambil mengakui kedua kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara perilaku disiplin dengan determinasi diri siswa kelas V SDN 015 Barong Tongkok. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 13 responden. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur kedua variabel masing-masing. Instrumen perilaku disiplin terdiri dari 20 pertanyaan. Setelah melakukan uji coba terpakai, menghasilkan 8 pertanyaan yang valid dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.813. Lalu pada variabel determinasi diri terdapat 18 pertanyaan dengan menggunakan uji coba terpakai didapat 12 pertanyaan yang valid dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0.835. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. Untuk mengetahui hubungan dari kedua variabel, peneliti menggunakan bantuan Statistical Package for the Social Sciences uji korelasi produk. Hasil korelasi hubungan antara perilaku disiplin dengan determinasi diri siswa menghasilkan korelasi sebesar 0,438 dengan nilai signifikansi sebesar 0,514. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari signifikansi yang sudah ditentukan yaitu sebesar 0,134. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara perilaku disiplin dengan determinasi diri siswa. Oleh karena tidak berhubungan diharapkan peneliti selanjutnya dapat menambah variabel yang berpengaruh pada determinasi diri.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)