Sikap tenggang rasa merupakan suatu sikap yang mengandalkan manusia agar memiliki nilai-nilai kemanusiaan, mengembangkan sikap saling peduli dan mengasihi, memiliki sikap tenggang rasa, tidak semena-mena dengan orang lain dan berani membela kebenaran dan keadilan, sebuah aspek penting yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap tenggang rasa yang dimiliki peserta didik umum kelas 5C SDN Tebet Timur 17 Pagi di kelas inklusi ketika belajar dan bersosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memanfaatkan data kualitatif yang nantinya akan dijabarkan secara deskriptif sekaligus merupakan gabungan dari Teknik analisis data deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa sikap tenggang rasa yang dimiliki ketujuh peserta didik umum kelas 5C SDN Tebet Timur 17 Pagi sudah terlihat dengan baik di dalam kelas dan lingkungan sekolah. Hal ini menunjukan bahwa ketujuh peserta didik umum memiliki kesadaran dalam diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih peduli, memiliki kemampuan mengendalikan diri, memiliki sikap tenggang rasa terhadap peserta didik ABK (anak berkebutuhan khusus). Diharapkan peserta didik umum dapat tetap menunjukan sikap tenggang rasa terhadap peserta didik ABK disekolah. |