Pelajaran matematika Sekolah Dasar merupakan landasan utama pembelajaran di jenjang selanjutnya. Matematika termasuk dalam salah satu pelajaran yang abstrak, dikarenakan menekankan proses hitung-menghitung yang memerlukan pemahaman, pemikiran logis, dan membutuhkan imajinasi, sehingga banyak orang menganggap pelajaran matematika sulit. Dengan demikian, penyampaian materi pembelajaran matematika membutuhkan media pembelajaran upaya mempermudah peserta didik untuk memahami materi pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran Live Worksheet terhadap literasi numerasi kelas IV di SD Bunda Hati Kudus Grogol Jakarta Barat. Peneliti melibatkan dua kelompok sampel dalam penelitiannya yaitu 27 peserta didik di kelas IV B menjadi kelompok kontrol dan 27 peserta didik di kelas IV C menjadi kelompok eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental yaitu post-test only control design dengan banyaknya sampel yaitu sebanyak 54 peserta didik. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Peneliti melihat bahwa terdapat hasil dari penelitian yang dilaksanakan yaitu menunjukkan bahwa adanya perbedaan secara signifikan dari penggunaan media pembelajaran Live Worksheet terhadap literasi numerasi peserta didik kelas IV SD Bunda Hati Kudus Grogol Jakarta Barat, berdasarkan hasil penghitungan uji t menggunakan rumus William Seely Gosset yang memperoleh t hitung yaitu 3,75 yang dimana terlihat bahwa lebih besar dari t tabel yaitu 2,05. Terdapat perbedaan nilai rata-rata di kelas eksperimen serta di kelas kontrol sebesar 17,78 poin, dengan nilai rata-rata 64,44 pada kelas kontrol dan pada kelas eksperimen sebesar 82,22. Perbedaan juga dapat ditemukan pada setiap indikator literasi numerasi dengan rata-rata selisih skor sebesar 2,6. Berdasarkan dari hasil penelitian sangat disarankan bagi pendidik dapat memanfaatkan aplikasi Live Worksheet dalam pembelajaran agar peserta didik memiliki semangat dan rasa antusiasme dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik khususnya dalam literasi numerasi. |