Salah satu fokus pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar adalah bagaimana menumbuhkan karakter disiplin peserta didik. Berbagai cara dapat diupayakan sekolah, salah satunya melalui kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas I SD Kesatuan Bogor. Partisipan dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan peserta didik di kelas 1A, 1B, 1C, 1D, dan 1E. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan sudah tampak pada 124 peserta didik di kelas I SD Kesatuan Bogor dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada indikator mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Pada awal pembelajaran guru membuat kesepakatan berupa tata tertib yang perlu dipatuhi peserta didik. Apabila ada peserta didik yang melanggar tata tertib, guru akan memberi peringatan/sanksi kepada peserta didik berupa teguran. Hal ini telah diterapkan oleh guru kelas 1A hingga 1E. Kemudian, kedisiplinan masih perlu ditingkatkan oleh 86 peserta didik kelas I SD Kesatuan Bogor dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang mencakup indikator: mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu, tidak jalan-jalan di dalam kelas saat guru menjelaskan materi, tidak berbicara dengan teman saat guru menjelaskan materi, dan tidak mengganggu teman sebangku saat sedang belajar. Saran untuk guru yaitu dapat mengembangkan manajemen kelas agar peserta didik lebih disiplin. |