Anda belum login :: 26 Nov 2024 14:17 WIB
Detail
BukuPengembangan Video Pembelajaran Digital Berbasis Literasi Budaya Pada Kelas IV di SD Strada Bina Mulia I
Bibliografi
Author: Puspitasari, Cicilia Indah ; Samino, M. Francine Avanti (Advisor)
Topik: Literasi Budaya; Kebudayaan Ngaben; Video Pembelajaran
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Era saat ini, kemajuan teknologi yang pesat membuat masyarakat dan aspek kehidupan lainnya membutuhkan dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan berbagai jenis. Pendidikan tidak luput dari adanya kemajuan teknologi sehingga membuat pihak sekolah harusberadaptasi dan menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar. Kemudian, dengan didorongnya literasi oleh pemerintah diharapkan peserta didik dapat mencari sumber ilmu lain dan lebih luas. Akan tetapi, literasi budaya yang mengangkat kebudayaan Indonesia saat ini semakin tertinggal oleh pesatnya perkembangan zaman sehingga peserta didik hanya dapat mengetahui kebudayaan yang terbatas. Sementara itu dengan memahami budaya akan memupuk rasa cinta dan bangga terhadap tanah air serta dapat meminimalisir terjadinya konflik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan produk video pembelajaran berbasis literasi budaya yang berisi alur cerita dan penjelasan mengenai kebudayaan Ngaben di Bali. Kebudayaan Ngaben di Bali merupakan upacara atau tradisi keagamaan Hindu yang menarik, serta memiliki makna mendalam tentang kehidupan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan salah satu kebudayaan di Indonesia, yakni kebudayaan Ngaben dengan menggunakan teknologi digital. Video pembelajaran yang telah disesuaikan dengan karakteristik peserta didik kelas IV SD ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluate). Hasil dari video pembelajaran ini telah layak untuk diberikan kepada peserta didik setelah melalui rangkaian atau tahapan uji validasi, yang kemudian melalui tahapan uji coba kepada peserta didik melalui uji coba kelompok/skala kecil dan uji coba skala/kelompok besar. Video pembelajaran ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran guru untuk dapat membuat video pembelajaran yang dapat menarik peserta didik selama belajar-mengajar di kelas, terutama bagi peserta didik kelas IV SD.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.40625 second(s)