Pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam budi pekerti, pikiran, jasmani maupun rohani dengan tujuan mengembangkan potensi agar siap menghadapi kehidupan di masa datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter gotong royong kelas IV Sekolah Dasar Mardi Yuana Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Mardi Yuana Rangkasbitung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara. Tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Sekolah Dasar Mardi Yuana mengimplementasikan karakter gotong royong pada peserta didik kelas IV. Aspek gotong-royong yang diperlihatkan yaitu aspek pembagian kerja dan kepedulian sosial dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Peserta didik kelas IV sudah melaksanakan nilai-nilai gotong royong yaitu nilai kebersamaan peserta didik mampu membantu orang lain dan membutuhkan orang lain dalam mengatasi kesulitan. Sekolah telah mengimplementasikan karakter pendidikan gotong royong di sekolah. |