Dewasa ini Rumah Sakit telah berkembang menjadi organisasi semibisnis. Karena itu Rumah Sakit harus bersifat Sosioekonomik. Dengan cara bagaimanapun, Rumah Sakit harus dapat meningkatkan pendapatannya untuk menutup pengeluarannya. Dewasa ini hampir dapat dikatakan, Rumah Sakit tidak banyak menerima bantuan/subsidi, terutama dari Pemerintah. Maka, Rumah Sakit memerlukan pemasaran.
Pemasaran Rumah Sakit sesungguhnya merupakan mekanisme pemberian informasi kepada calon konsumen/pasien, agar konsumen memahami produk dan dapat mengambil keputusan yang prudent tentang layanan yang akan dikonsumsinya.
Sampai awal abad 21, pemasaran Rumah Sakit memang merupakan sesuatu yang dianggap tabu oleh dunia kedokteran dan kesehatan, termasuk dalam pengelolaan Rumah Sakit. Padahal sesungguhnya pemasaran adalah konsep sekaligus metode untuk menjadikan sebuah Rumah Sakit berorientasi kepada klien/pasiennya.
Buku ini akan memberikan wawasam bukan saja kepada mahasiswa, juga kepada praktisi manajemen Rumah Sakit. Dalam buku ini diangkat Konsep Pemasaran untuk Rumah Sakit; Rumah Sakit yang responsif/adaptif, Riset dan Informasi Pemasaran; Hubungan Masyarakat; Mengorganisasi Pemasaran, dll. |