Industri kreatif khususnya dalam bidang seni mulai bangkit setelah sebelumnya terdampak oleh Covid-19. Penggelaran art installation menjadi salah satu pameran seni yang banyak diadakan oleh para pelaku seni. IMAGISPACE merupakan salah satu tempat atau ruang seni inovatif sejak tahun 2020 yang hadir untuk menciptakan pengalaman berbeda melalui seni dengan karya seni digital yang interaktif. Di era digital saat ini, upaya pemasaran digital dalam mempromosikan suatu penggelaran art installation dapat dilakukan dengan aktivitas content marketing. Melalui content marketing, suatu brand dapat mempromosikan produk melalui cerita dalam bentuk konten yang relevan, bernilai, dan menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi content marketing dari IMAGISPACE dalam mendorong minat beli tiket art installation ”Midsummer Night’s Dream”. Teori dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, Digital Marketing, Content Marketing, dan Minat Beli. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang didukung dengan triangulasi sumber. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi content marketing di Instagram @imagi.space dan proses pembuatan konten oleh IMAGISPACE, serta pengkajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing yang diterapkan oleh IMAGISPACE berperan dalam mendorong minat beli tiket art installation. Implementasi content marketing pada instalasi ”Midsummer Night’s Dream” berhasil mendorong minat beli tiket pada audiens Instagram karena telah memenuhi empat matriks yang menjadi tolak ukur dari content marketing, yaitu entertain, educate, inspire, dan convince. |