Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi dalam mempertahankan loyalitas karyawan Khoe Pek Goan Pusat (PT.San Industri Prima) selama pandemi. Pada masa pandemi, Khoe Pek Goan mengalami penurunan penjualannya. Hal tersebut menjadi tantangan perusahaan, harus menyusun strategi untuk mempertahankan loyalitas karyawan, agar tetap target dan tujuan perusahaan tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif, melalui pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, wawancara, dan diskusi, guna untuk mendapatkan data primer. Adapun informan dalam penelitian meliputi Manager Operasional, Karyawan tetap yang telah bekerja minimal 2 tahun di Khoe Pek Goan Pusat. Analisa penelitian ini dilakukan melalui teori retensi karyawan menurut Mathis & Jackson (2006 :128). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, selama pandemi Covid-19, seluruh karyawan Khoe Pek Goan Pusat (PT. San Industri Prima) memiliki loyalitas yang tinggi. Strategi perusahaan untuk mempertahankan loyalitas karyawan selama pandemi yaitu memberikan peluang karier berupa rotasi jabatan dan pelatihan walaupun terbatas, memberikan penghargaan dalam bentuk non material berupa fasilitas kesehatan yang lengkap untuk menghadapi pandemi, serta menjaga hubungan karyawan dengan memberikan perlakuan yang adil. |