Anda belum login :: 17 Feb 2025 10:24 WIB
Detail
BukuPengaruh Loyalty Program (Go-Club) Terhadap Customer Retention dengan Mediasi Customer Satisfaction Pada Aplikasi Gojek
Bibliografi
Author: Utomo, Adrian Fadhilah ; Laksmidewi, Dwinita (Advisor)
Topik: Loyalty Program; Customer Retention; Customer Satisfaction; Ride-Hailing; Transportation; Gojek; Go-Club; Customer Loyalty; SPSS; SmartPLS
Bahasa: (ID )    Edisi: 2024    
Penerbit: Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Customer Loyalty adalah salah satu tujuan utama dari perusahaan penyedia jasa transportasi online. Customer Loyalty dapat diukur dengan beberapa indikator, salah satunya adalah customer retention. Customer retention adalah tingkat kesetiaan pelanggan untuk terus menggunakan jasa atau produk suatu perusahaan. Loyalty program merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan customer retention. Loyalty program adalah program yang memberikan penghargaan kepada pelanggan yang loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh loyalty program (Go-Club) terhadap customer retention dan adanya mediasi customer satisfaction pada aplikasi Gojek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian adalah 162 responden yang merupakan pengguna aplikasi Gojek di Kota Jabodetabek. Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan google form.
Data dianalisis dengan menggunakan SPSS pada tahap pre-test dengan menggunakan 30 sampel untuk menguji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya menggunakan SmartPLS untuk pengujian data keseluruhan dengan menggunakan 162 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa loyalty program berpengaruh positif terhadap customer retention. Hal ini berarti bahwa loyalty program dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan untuk terus menggunakan aplikasi Gojek. Kemudian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa customer satisfaction berperan sebagai mediator dalam hubungan antara loyalty program dan customer retention. Hal ini berarti bahwa customer satisfaction berperan sebagai faktor yang menjelaskan pengaruh loyalty program terhadap customer retention.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)