Tingginya angka pengguna internet di Indonesia khususnya pada media sosial Instagram, membuat Instagram tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi tetapi juga sebagai media promosi online oleh para perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa kepada konsumen. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau biasa disebut BPJAMSOSTEK juga menggunakan media sosial Instagram untuk memasarkan produknya seputar jaminan sosial. Pada masa pandemi Covid-19, BPJAMSOSTEK menerapkan sistem Work from Home (WFH), sehingga BPJAMSOSTEK memanfaatkan teknologi internet untuk menjalankan tugas melayani pelanggan. Kemudian, promosi juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi online yang dilakukan oleh BPJAMSOSTEK pada media sosial Instagram. Teori yang menjadi acuan adalah strategi promosi online, yang terdiri dari advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, dan public relations. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada pihak internal BPJAMSOSTEK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi online pada media sosial Instagram yang digunakan oleh BPJAMSOSTEK di masa pandemi Covid-19 telah menerapkan lima strategi promosi online, yaitu advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, dan public relations. |