LinkedIn adalah media sosial yang digunakan banyak orang untuk mencari lowongan kerja, dan mendaftarkan diri sebagai tenaga kerja. Terdapat 8,43 juta jiwa orang yang tidak memiliki pekerjaan, dan 673,49 ribu di antaranya adalah orang-orang yang berasal dari lulusan universitas pada Agustus 2022. Berdasarkan BPS data tersebut telah diketahui bahwa banyak pengangguran yang berada di Indonesia saat itu. Penelitian ini memiliki batasan penelitian narasumber yang masih berstatus mahasiswa dan sedang bekerja, dan Human Resource perusahaan yang sudah berpengalaman dalam mengurus perekrutan tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara kepada narasumber. Sedangkan kualitas data diperoleh dengan triangulasi sumber, dengan mewawancarai mahasiswa yang mempraktekkan self promotion sebanyak 3 orang, dan bagian Human Resources.sebanyak 1 orang, dengan teori yang digunakan adalah Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Impression Management, Self Promotion. Hasil dari penelitan ini adalah mahasiswa yang sudah berhasil diterima sebagai tenaga kerja mengutamakan keahlian dalam implementasi strategi self promotion di profil LinkedIn mereka dengan cara menunjukan pengalaman yang mereka miliki melalui media social LinkedIn. Namun pihak Human Resource berpendapat lain yaitu lebih mengutamakan attitude dibandingkan keahlian. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan prioritas terkait apa yang difokuskan oleh mahasiswa yaitu pengalaman, sedangkan Human Resource lebih terfokus pada attitude. |