Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:14 WIB
Detail
BukuAnalisis Strategi Public Relations dalam Membangun Citra KOCIL Specialty Coffee
Bibliografi
Author: Veranata, Fia Angela ; Siahaya, Isabella Astrid (Advisor)
Topik: komunikasi korporasi; strategi public relations; citra; identitas
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Strategi public relations yang baik dan benar dinilai dapat membangun citra yang positif bisnis termasuk bisnis kedai kopi. Menjamurnya kedai kopi saat ini membuat bisnis ini pun turut menerapkan startegi public relations untuk membangun citranya agar dapat bersaing dengan para kompetitornya. KOCIL Specialty Coffee adalah salah satu kedai kopi lokal yang menerapkan strategi public relations dalam membangun citranya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi public relations dan keberhasilan KOCIL Specialty Coffee dalam membangun citra di masyarakat. Teori-teori yang digunakan pada penelitian ini, yaitu teori strategi public relations, teori media organisasi, teori identitas korporat, dan teori citra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Perolehan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur bagi tim KOCIL Specialty Coffee dan wawancara tidak terstruktur bagi konsumen KOCIL Specialty Coffee. Hasil penelitian ditemukan bahwa KOCIL Specialty Coffee berhasil merealisasikan startegi public relations-nya yaitu, strategi proaktif melalui tindakan performa organisasi yang mengedepankan customer experience dan komunikasi melalui elemen visual pada unggahan Instagram KOCIL Specialty Coffee sebagai media organisasi, serta strategi pesan didasarkan pada 4 pilar, yaitu customer, store, barista, dan other business yang disampaikan melalui Instagram KOCIL Specialty Coffee. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari evaluasi citra pada konsumen KOCIL Specialty Coffee yang memiliki pandangan yang positif terhadap kedai kopi tersebut. Meskipun demikian, Instagram KOCIL Specialty Coffee dinilai kurang berpengaruh dalam pembuatan citra positif, justru produk kopinya memiliki pengaruh besar dalam membentuk citra positif tersebut. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa lebih menggambarkan keseluruhan dari KOCIL Specialty Coffee dengan mengambil data pada setiap gerainya. Pembahasan mengenai hubungan antara citra produk dalam pembentukan citra perusahaan dapat dilakukan peneliti selanjutnya. Bagi Tim KOCIL Specialty Coffee diharapkan bisa lebih memanfaatkan Instagram sebaik-baiknya untuk membangun citra positif di masyarakat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)