Pesatnya pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia mendorong setiap pelaku usaha untuk melakukan inovasi pada produknya untuk tetap memenuhi keinginan dan permintaan konsumen. Maka dari itu strategi komunikasi pemasaran yang tepat dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan yang lebih baik. Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat beli adalah melakukan co-branding. Brand makeup ESQA Cosmetics berhasil melakukan co-branding bersama Barbie untuk menghasilkan varian makeup baru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh strategi komunikasi pemasaran co-branding yang dilakukan oleh ESQA Cosmetics dan Barbie terhadap minat beli konsumen. Variabel independen penelitian ini adalah co-branding dengan dimensi: brand attitude, fit of the two brands, difficulty of making the co-branded offering, dan consumer evaluation of the co-branded products. Sementara variabel dependen penelitian ini adalah minat beli dengan dimensi: attention, interest, desire, dan action. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan sampel responden sebanyak 100 orang menggunakan Google Form. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sehingga kriteria sampel penelitian adalah responden yang sudah menjadi memenuhi beberapa kriteria responden. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 46.1% pada penerapan strategi komunikasi pemasaran co-branding Barbie dan ESQA terhadap minat beli konsumen. |