Terdapat beberapa penelitian sebelumnya yang telah meneliti faktor-faktor yang memengaruhi struktur modal dan nilai perusahaan, hasil-hasil dari penenelitian tersebut menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh growth, tangibility, liquidity dan uniqueness terhadap struktur modal dan nilai perusahaan. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan tahunan perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang listing di BEI tahun 2018-2022 dari website www.idx.co.id dan www.investing.com untuk memperolah data saham. Sebanyak 250 data diambil sebagai sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika, uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan proragam Statistical Package fo Social Science (SPSS) versi 27 sebagai alat untuk mengolah data penelitian. Penelitian ini memperolah hasil bahwa variabel tangibility dan liquidity berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan variabel growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan tangibility, liquidity dan uniqueness tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Selain itu variabel variabel growth, tangibility, liquidity dan uniqueness tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. |