Anda belum login :: 23 Nov 2024 07:17 WIB
Detail
ArtikelPengaruh Nilai Informasi dan Sosial pada Co-Consumption dan Co-Production antar Anggota Kaskus:Perspektif Modal Sosial  
Oleh: Sukoco, Badri Munir ; Aditya, Mohamad Lambang
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen Teknologi vol. 10 no. 3 (2011), page 264-280.
Topik: kunci: co-consumption; co-production; modal sosial; nilai informasi; nilai sosial; keterlibatan konsumen terhadap produk; komunitas virtual.
Fulltext: 136_ros.pdf (609.75KB)
Isi artikelPeningkatan nilai guna dan inovasi pada produk dapat melibatkan konsumen melalui co-consumption dan co-production, terutama di dalam komunitas virtual. Peneliti berargumen bahwa nilai informasi dan nilai sosial yang dipersepsikan oleh anggota komunitas Kaskus berkontribusi pada co-consumption dan co-production, dan pengaruhnya akan menguat bila anggota mempunyai keterlibatan tinggi pada produk. Sedangkan persepsi nilai informasi dan sosial tersebut dibentuk oleh modal sosial yang terdapat dalam komunitas virtual, yakni timbal balik, kesukarelaan, dan kepercayaan sosial. Peneliti menguji hipotesa yang diajukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 204 anggota komunitas Kaskus yang terafiliasi dengan 6 merk yang berbeda di dua kategori produk, yakni handphone dan snack. Hasil analisa menunjukkan bahwa modal sosial berpengaruh secara positif pada nilai informasi dan nilai sosial yang dipersepsikan oleh anggota Kaskus. Nilai sosial berpengaruh secara positif terhadap co-consumption dan co-production, namun nilai informasi yang dipersepsikan anggota berpengaruh negatif terhadap co-production. Adapun efek moderasi keterlibatan konsumen pada produk hanya terbukti pada hubungan antara nilai sosial dengan co-production. Implikasi manajerial dan kontribusi akademis dibahas lebih lanjut pada bagian akhir dari tulisan ini.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)