Limbah ban bekas atau yang sering disebut End of Life Tire (ELT) merupakan limbah yang memiliki potensi besar. Melalui proses cryogenic, ELT dapat menghasilkan beberapa komponen, salah satunya adalah serat baja hasil olahan ban bekas sebagai penguat komposit bermatriks poliester. Penelitian ini menggunakan serat baja sebagai penguat komposit, dengan matriks komposit yang digunakan adalah poliester. Pengujian impak ASTM D-6110 dan tarik ASTM D-638 akan dilakukan terhadap spesimen komposit untuk mengamati karakterisitik mekanik. Dalam proses pembuatan sampel dilakukan optimasi dengan memuat serat baja lurus sebanyak mungkin yang menghasilkan sebuah sampel berukuran 28,5cm × 28,5cm setebal 3 mm dengan 276 serat baja lurus sebagai bahan penguatnya. Kekuatan tarik tertinggi didapatkan pada spesimen dengan arah susunan serat 0° yaitu sebesar 130.9 MPa. Kekuatan impak tertinggi didapatkan pada spesimen dengan susunan serat 0° yaitu sebesar 0.25035 J/mm2. |