Anda belum login :: 22 Nov 2024 13:50 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Gambaran Regulasi Diri Para Pemain Genshin Impact
Bibliografi
Author:
Wirharjanto, Michael Lee
;
Sudarnoto, Laura Francisca Neneng
(Advisor)
Topik:
regulasi diri
;
Genshin Impact
;
online video game
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907510100, Michael Lee Wirharjanto, Prof. Dr. Laura F. N. Sudarnoto, Gambaran Regulasi Diri Para Pemain Genshin Impact, 24 Januari 2024.pdf
(642.92KB;
5 download
)
201907510100_Michael Lee Wirharjanto_Lembar Administrasi.pdf
(1.45MB;
0 download
)
Abstract
Geshin Impact (GI) merupakan permainan online yang sangat terkenal beberapa tahun terakhir ini (rentang tahun 2020-2023). Permainan ini memiliki sistem unik untuk mendapatkan karakter dan senjata, yaitu dengan melakukan gacha. Sistem gacha dapat membuat pemain melakukan pembelian impulsif untuk mendapatkan karakter dan senjata yang diinginkan. Para pemain perlu mengatur dirinya agar tidak terhanyut pada perilaku adiktif dan pembelian impulsive saat bermain GI. Memiliki regulasi diri dapat mencegah kebiasaan yang berlebihan pada online video game. Regulasi diri merupakan kemampuan untuk mengendalikan atau mengubah perilaku, emosi, dan pikiran ke arah yang diinginkan oleh individu. Namun, beberapa hasil penelitian sebelumnya menunjukkan adanya dampak kepada pemain, apabila tidak diimbangi dengan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran regulasi diri pemain Genshin Impact Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Besar sampel penelitian ini sebanyak 227 pemain Genshin Impact. Karakteristik sampel adalah pemain yang berusia 15-24 tahun dan sudah bermain lebih dari enam bulan. Data penelitian diperoleh dengan alat ukur self-report inventori regulasi diri yang dikembangkan oleh peneliti. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskrptif dengan perhitungan tendensi sentral dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan mean skor regulasi diri dari pemain Gesnhin Impact sebesar 124, 070. Para pemain yang berada pada kategori tinggi sebanyak 49%. Hal ini menunjukkan separuh pemain Genshin Impact dapat melakukan regulasi diri dengan baik dan separuh lagi belum memiliki regulasi diri yang baik. Saran agar para pemain tidak adiktif terhadap game sebaiknya pemain diajarkan bagaimana cara melakukan regulasi diri yang baik dalam konteks bermain online video game yang memiliki sistem gacha.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)