Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:16 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
EFEKTIFITAS SOSIALISASI STRATEGI COPING STRESS UNTUK MENURUNKAN STRES PENGERJAAN SKRIPSI
Bibliografi
Author:
BILLY, CHRISTANTO
;
Suryani, Angela Oktavia
(Advisor)
Topik:
Sosialisasi Coping Strategy
;
Tingkat Stres
;
Stres Skripsi
;
Mahasiswa tingkat akhir
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000238_Christanto Billy_Dr. Angela Oktavia Suryani, M.Si._EFEKTIFITAS SOSIALISASI STRATEGI COPING STRESS UNTUK MENURUNKAN STRES PENGERJAAN SKRIPSI_24Januari2024.pdf
(1.51MB;
25 download
)
201907000238_Christanto Billy_Lembar Administrasi.pdf
(551.06KB;
5 download
)
Abstract
Permasalahan mahasiswa tingkat akhir dalam menyusun skripsi pasti akan selalu terjadi. Hal ini membuat mahasiswa merasa tertekan dan bisa berdampak buruk bagi kehidupan akademik maupun sosial mahasiswa. Oleh karena itu dibutuhkan solusi untuk meminimalisir perasaan tertekan yang dialami oleh mahasiswa dalam permasalahan akademisnya. Salah satu hal yang mampu membantu menurunkan tingkat stres adalah strategi coping stress. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan strategi coping, namun kenyataannya masih terdapat mahasiswa yang belum mengetahui strategi coping apalagi mengaplikasikannyan. Karena itu penelitian ini ingin melihat apakah pemberian sosialisasi tentang strategi coping efektif dalam menurunkan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengambil skripsi
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif desain eksperimental. Jumlah sampel penelitian adalah 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah skripsi di Universitas Katolik Unika Atma Jaya. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan convenience sampling untuk pembagian partisipan kedalam kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen dalam penelitian ini untuk pengukuran tingkat stres dengan Perceived Stress dan achievement test untuk pengukuran pemahaman. Untuk melihat efektivitas dari intervensi yang dilakukan, peneliti mengukur nilai pre-test, post-test instrumen penelitian pada kedua kelompok.
Analisis yang digunakan adalah uji T-Test serta gain score untuk perbandingan nilai pre-test, post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada tingkat stres mahasiswa, dengan Cohen’s d menunjukan large effect. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang besar dan signifikan dari pemberian sosialisasi strategi coping terhadap tingkat stres mahasiswa yang sedang mengambil skripsi
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)