Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:14 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN POLA ASUH OTORITER DAN KEPUTUSAN KARIR PADA ANAK-ANAK KELAS 4, 5, DAN 6 SEKOLAH DASAR (SD) STRADA WIYATASANA
Bibliografi
Author: Gardella, Damaretha Putri ; Handayani, Penny (Advisor)
Topik: keputusan karir; pola asuh otoriter; sekolah dasar kelas tinggi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini menggambarkan Sekolah Dasar (SD) Strada Wiyatasana yang tidak menyediakan bimbingan karir sehingga kematangan karir anak-anak sangat dipengaruhi oleh peran orangtua. Dalam konteks penelitian ini, fokus pada pola asuh orangtua otoriter dan keputusan karir menjadi esensial karena minimnya pengaruh sekolah dalam membentuk kematangan karir. Dengan mengambil SD Strada Wiyatasana sebagai kasus, di mana bimbingan karir formal minim, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih murni tentang peran orangtua dalam proses pengambilan keputusan karir anak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang pola asuh otoriter yang dapat membentuk kesadaran karir anak di lingkungan tanpa bimbingan karir formal di sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional, menggunakan desain survei dan teknik convenience sampling. Melibatkan 100 siswa dari kelas 4, 5, dan 6 di SD Strada Wiyatasana. Validitas dan realibilitas dari alat ukur yang digunakan, yaitu Parental Authority Quetionaire (PAQ) untuk menggali informasi terkait aspek otoritas orangtua dan pengambilan keputusan karir, diukur dengan Career Decision Making (CDM), telah teruji dengan baik.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa/i kelas 4, 5, dan 6 SD Strada Wiyatasana mengalami pola asuh otoriter, namun memiliki tingkat keputusan karir yang tinggi dan hubungan positif. Saran penelitian meliputi membuka cakupan untuk semua jenis pola asuh. Selain itu, disarankan untuk menjaga komunikasi terbuka dengan anak. Di samping itu, penting untuk mencari informasi lanjutan yang sesuai dengan tujuan karir bagi siswa/i anak dan pentingnya menyediakan bimbingan karir di sekolah.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)