Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:04 WIB
Detail
BukuGambaran Persepsi Orang Tua Tentang Stres Akademik Anak Berkebutuhan Khusus Saat Pembelajaran Daring di Sekolah Umum
Bibliografi
Author: Indrianingtyas, Erianthi Nathania ; Widyawati, Yapina (Advisor)
Topik: ABK; Covid-19; Daring; Stres Akademik
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Adanya Covid-19 membawa banyak pengaruh, salah satunya adalah perubahan pembelajaran luring menjadi daring. Pembelajaran daring ini dilakukan ABK sebagai bentuk pemutusan rantai penyebaran Covid-19 yang diatur dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang dikeluarkan oleh KEMENDIKBUD. Sayangnya, pembelajaran daring memberikan beberapa dampak negatif kepada ABK seperti penurunan akademik, kesulitan mengakses teknologi, adanya gangguan rutinitas, merasa frustasi, dan banyak lagi. Hal ini dapat dikatakan menjadi stresor bagi ABK. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat gambaran persepsi orangtua terhadap stres akademik ABK saat kelas daring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode purposive sampling. Untuk desain penelitian dari penelitian ini adalah fenomenologi dengan jumlah partisipan sebanyak tiga orangtua ABK sebagai caregiver utama yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dimana ABK sudah menjalani sekolah daring dan sekolah luring minimal 3 tahun. Pengambilan data menggunakan metode wawancara semi-structured yang juga diperkuat dengan triangulasi data dengan keluarga partisipan.
Hasil yang dapat disimpulkan adalah orangtua mempersepsikan adanya stresor yang memicu ABK mengalami stres akademik. Dari kelima stresor, ketiga ABK menunjukkan adanya frustasi dan tekanan saat melakukan pembelajaran daring. Lalu ada satu stresor yaitu perubahan yang dirasakan dua ABK cukup memberikan stres saat pembelajaran daring. Ada juga stresor konflik yang dirasakan satu ABK yang membuatnya merasakan stress. Saran yang diberikan adalah agar orang tua dapat membuat ABK merasa nyaman selama pembelajaran daring dengan cara memberikan anak pendampingan, menyiapkan jadwal untuk mengikuti kelas, dan menyediakan alat maupun bahan yang dibutuhkan saat mengikuti kelas daring.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)