Anda belum login :: 17 Feb 2025 14:14 WIB
Detail
BukuPeran Academic Self-Efficacy dan Peer Support terhadap Academic Burnout Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi dengan Waktu 3,5 Tahun di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Bibliografi
Author: DEVI, AUDREY CHANDANA ; Purwanti, Margaretha (Advisor); Aisyah, Aireen Rhammy Kinara (Advisor)
Topik: Academic Self-Efficacy; Peer Support; Academic Burnout; Mahasiswa Skripsi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perguruan tinggi merupakan salah satu jenjang pendidikan yang memiliki tugas akhir menyusun skripsi. Selama proses menempuh skripsi, mahasiswa rentan mengalami lelah dan stres yang akhirnya dapat mengarah pada kondisi academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran academic self-efficacy sebagai faktor internal dan peer support sebagai faktor eksternal terhadap academic burnout mahasiswa yang mengerjakan skripsi dengan waktu 3,5 tahun di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis prediction design. Penelitian ini melibatkan 61 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2020 yang menyusun skripsi di semester 7. Metode pengumpulan data penelitian disebarkan dalam bentuk kuesioner berdasarkan Maslach Burnout Inventory–Student Survey (MBI-SS), The Academic Self-efficacy Scale, dan Peer Support Scale. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian adalah regresi linear berganda dengan mengaitkan tiga variabel. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel academic self-efficacy dan peer support secara bersama-sama berperan signifikan terhadap academic burnout. Diketahui academic self-efficacy memberikan kontribusi negatif signifikan, sedangkan peer support memberikan kontribusi negatif tidak signifikan. Hasil tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya kontribusi yang tidak unik di antara variabel academic self-efficacy dan peer support. Hasil uji korelasi di antara keduanya menunjukkan hubungan positif yang signifikan. Diketahui, pada konteks mahasiswa skripsi 3,5 tahun di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya tingkat academic burnout cenderung sedang ke rendah, sedangkan tingkat academic self-efficacy dan peer support tinggi. Peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan untuk mengaitkan kondisi mahasiswa skripsi 3,5 tahun dengan variabel psikologi positif terkait dengan prestasi akademik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)