Setiap orang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Rumah sakit sebagai salah satu sarana penunjang kesehatan mempunyai indikator kualitas pelayanan utamanya kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian pasien poli Cosmas dan pasien poli Bonaventura di Rumah Sakit Atma Jaya berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan (bukti fisik, andal, daya tanggap, jaminan, dan empati). Metode penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional, dan pengambilan sampel teknik purposive sampling. Total responden yang mengisi kuesioner didapat sebanyak 110 orang di poli Cosmas dan 80 orang di poli Bonaventura. Pengaruh sosiodemografi terhadap tingkat kepuasan dianalisis menggunakan software RStudio. Tingkat kepuasan pelayanan kefarmasian di poli Cosmas pasien merasa puas untuk dimensi daya tanggap, sedangkan 4 dimensi lainnya merasa sangat puas, selanjutnya di poli Bonaventura seluruh dimensi mendapatkan penilaian sangat puas. Hasil diagram IPA untuk kedua poli tidak ada dimensi yang termasuk dalam kuadran 1 (prioritas utama). Faktor sosiodemografi yang memengaruhi tingkat kepuasan adalah jenis poli dan tingkat pendidikan (p<0,05). |