Motivasi belajar dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran dalam membantu kegiatan pembelajaran. Media yang sering digunakan guru adalah media audio visual berupa video melalui aplikasi youtube. Youtube memuat beberapa hal yang tidak terduga yaitu gambar dan suara sehingga siswa dapat merasakannya secara langsung. Motivasi belajar merupakan perubahan positif yang muncul dari diri seseorang untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian regresi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDS Santo Markus 1 Jakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Instrumen media pembelajaran terdiri dari 30 soal, terdapat 19 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,910. Instrumen motivasi belajar terdiri dari 30 pernyataan berisi 17 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,798. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh sebesar 17,5%. Dari enam komponen motivasi belajar, hanya satu komponen yang berpengaruh signifikan sebesar 0,021 yaitu komponen reward. |