Anda belum login :: 23 Nov 2024 13:50 WIB
Detail
BukuPengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDS Santo Markus 1 Jakarta (Artikel dari Jurnal Psiko Edukasi Vol. 20 Iss. 2 Oktober 2022 hal. 189-197)
Bibliografi
Author: Priuntari, Anastasia Septariana ; Stevanus, Ivan
Topik: media pembelajaran; motivasi belajar
Bahasa: (ID )    
Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Motivasi belajar dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran dalam membantu kegiatan pembelajaran. Media yang sering digunakan guru adalah media audio visual berupa video melalui aplikasi youtube. Youtube memuat beberapa hal yang tidak terduga yaitu gambar dan suara sehingga siswa dapat merasakannya secara langsung. Motivasi belajar merupakan perubahan positif yang muncul dari diri seseorang untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian regresi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDS Santo Markus 1 Jakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Instrumen media pembelajaran terdiri dari 30 soal, terdapat 19 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,910. Instrumen motivasi belajar terdiri dari 30 pernyataan berisi 17 pernyataan valid dengan reliabilitas 0,798. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh sebesar 17,5%. Dari enam komponen motivasi belajar, hanya satu komponen yang berpengaruh signifikan sebesar 0,021 yaitu komponen reward.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.265625 second(s)