Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:06 WIB
Detail
BukuGAMBARAN KEMAMPUAN SOSIOEMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DI X DAYCARE
Bibliografi
Author: Ellena, Brigitta Vanessa ; Purwanti, Margaretha (Advisor); Aisyah, Aireen Rhammy Kinara (Advisor)
Topik: Kemampuan sosioemosional; anak usia 3 sampai 4 tahun; X daycare
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Perkembangan sosioemosional pada anak usia 3 sampai 4 tahun merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar untuk memasuki jenjang pendidikan taman kanak-kanak. Pada usia tersebut anak belajar memahami emosi, cara mengelola emosi dan cara berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosioemosional yang baik akan membuat anak lebih percaya diri, memiliki sikap kemandirian, bertanggung jawab, memiliki emosi yang wajar dan dapat berinteraksi dengan teman sebaya. Penelitian ini melihat gambaran kemampuan sosioemosional anak usia 3 sampai 4 tahun yang sudah mendapatkan program dari X daycare selama 1 tahun.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, melibatkan 4 partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi pada anak dan wawancara kepada pengajar serta asisten pengajar setelah observasi dilakukan. Observasi dilakukan selama 3 minggu dengan tema pembelajaran yang berbeda setiap minggunya. Alat bantu yang digunakan penulis dalam melakukan observasi adalah checklist yang mengacu pada teori Hurlock dan indikator Permendiknas. Pernyataan observasi dan wawancara disusun untuk melihat aspek perkembangan sosioemosional seperti interaksi anak, rasa percaya diri, sikap kemandirian, tanggung jawab dan emosi yang wajar.

Hasil penelitian pada anak yang sudah mengikuti program di X daycare minimal selama 1 tahun, menunjukkan bahwa anak mampu berinteraksi dengan teman sebaya, anak yang berusia lebih tua, maupun yang lebih muda. Kemampuan mengekspresikan emosi juga tampak sesuai dengan usia perkembangannya. Hal ini terlihat baik dalam mengerjakan berbagai tugas kelompok maupun bermain Bersama dengan teman-temannya.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pada X daycare mengenai kemampuan aspek sosioemosional peserta didiknya. Sehingga, diharapkan X daycare dapat melakukan evaluasi terhadap kemajuan anak dan program yang akan disusun kedepannya. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para orang tua mengenai kemampuan sosioemosional anaknya sebagai persiapan untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)