Anda belum login :: 23 Nov 2024 20:00 WIB
Detail
BukuPengembangan Bisnis Kerupuk Lele "Lele Crisps"
Bibliografi
Author: Arief, Sabita Ameira ; Aldi, Benediktus Elnath (Advisor)
Topik: Pengembangan Bisnis; Kerupuk Lele; Makanan Ringan Inovatif; Bisnis Makanan sehat dan alami; Inovasi Produk; Strategi Pemasaran; Skripsi.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Bisnis Kerupuk Lele yang dibabas dalam penulisan skripsi ini memiliki tujuan yaitu guna menganalisis dan menggambarkan upaya pengembangan produk inovatif berbahan dasar ikan lele. Dalam penulisan skripsi ini penulis memberi nama produk "Lele Crisps". Kerupuk lele merupakan makanan khas tradisional yang populer di Indonesia dan memiliki potensi pasar yang besar di kehidupan masyarakat. Namun pada implementasinya di masyarakat sejauh ini belum ada usaha yang benar-benar memperkenalkan produk kerupuk lele menggunkan kemasan yang modern dan menarik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selain itu, dilakukan juga analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) serta analisis pasar untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam mengembangkan bisnis kerupuk lele. Dari hasil penelitian skripsi tersebut, penulis menemukan bahwa dari data yang telah diperoleh menunjukkan potensi bisnis kerupuk lele cukup menjanjikan untuk pelaku usaha, hal ini terjadi karena adanya peningkatan minat masyarakat terhadap makanan ringan terutama pada bidang makanan ringan yang menekankan pada klaim sehat dan alami sehingga inovasi dari produk "Lele Crisps" menjadi solusi untuk menghadirkan kerupuk lele dalam bentuk modern yang praktis, enak, dan sehat. Selanjutnya, strategi pemasaran yang efektif telah dirancang untuk memperkenalkan "Lele Crisps" kepada target pasar yang tepat. Dalam hal ini, diperlukan kampanye pemasaran yang kuat, termasuk penggunaan media sosial, promosi produk, dan kerja sama dengan pengecer makanan lokal seperti toko oleh-oleh, pasar swalayan dan toko fisik lainnya. Selain itu keberlanjutan bisnis wajib dijaga melalui kontrol kualitas yang ketat serta pemenuhan standar sanitasi pangan sebagai jaminan untuk keamanan pangan serta kualitas. Penulis berharap hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi calon pengusaha atau pelaku bisnis yang berminat untuk mengembangkan bisnis kerupuk lele sebagai sumber mata pencaharian. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi sumbangan pengetahuan di bidang manajemen bisnis, terutama dalam pengembangan produk inovatif dan strategi pemasaran untuk produk makanan lokal sehingga produk inkvatif mengenai kerupuk lele dapat terus berkembang di masyarakat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)