Pencapaian profit oleh perusahaan dapat meningkatkan minat investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Di sisi lain, Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu bukti eksistensi perusahaan terhadap stakeholders yang diyakini mampu mempengaruhi corporate value (CV). Hubungan ini mulai diteliti karena pasar modal memberikan pengelompokan tersendiri terhadap perusahaan yang menggunakan pengungkapan CSR untuk menarik investor yakni indeks SRI-Kehati. Sayangnya hasil penelitian masih berbeda-beda dan minim dilakukan. Tesis ini membahas pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan rasio profitabilitas sebagai variabel moderasi. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap CV, menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap CV serta menganalisis pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara CSR dengan CV. Penelitian ini menggunakan analisis data panel yang terdiri dari 9 perusahaan emiten dalam indeks SRI-Kehati pada periode 2010–2020. Dalam penelitian ini, secara parsial CSR tidak mampu memberikan pengaruh terhadap CV. Secara parsial. ROE memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap CV. Di sisi lain, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika berinteraksi dengan CSR, ROE akan mempengaruhi hubungan antara CSR terhadap CV secara signifikan dan positif. Dengan kata lain juga dapat disimpulkan bahwa profitabilitas (ROE) mampu memoderasi hubungan antara CSR dengan CV. Dengan demikian maka CSR tidak secara langsung mempengaruhi CV, diperlukan faktor pendukung lain seperti ROE yang mampu mempengaruhi sehingga CSR dapat berpengaruh terhadap CV. |