Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:36 WIB
Detail
BukuPENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAANTERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RASIO PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI(Studi Kasus Pada Perusahaan Terbuka yang Tercatat Dalam Indeks SRI Kehati di BEI Pada Periode 2010–2020)
Bibliografi
Author: Perwiro, Leonardus Herjuno. ; Suhartoko, Yohanes Berchman (Advisor)
Topik: CSR; ROE; Nilai Perusahaan; Corporate Value; SRI Kehati; Indeks Hijau
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Ekonomi Terapan Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext:
Abstract
Pencapaian profit oleh perusahaan dapat meningkatkan minat investor untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Di sisi lain, Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu bukti eksistensi perusahaan terhadap stakeholders yang diyakini mampu mempengaruhi corporate value (CV). Hubungan ini mulai diteliti karena pasar modal memberikan pengelompokan tersendiri terhadap perusahaan yang menggunakan pengungkapan CSR untuk menarik investor yakni indeks SRI-Kehati. Sayangnya hasil penelitian masih berbeda-beda dan minim dilakukan. Tesis ini membahas pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan rasio profitabilitas sebagai variabel moderasi. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap CV, menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap CV serta menganalisis pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara CSR dengan CV. Penelitian ini menggunakan analisis data panel yang terdiri dari 9 perusahaan emiten dalam indeks SRI-Kehati pada periode 2010–2020. Dalam penelitian ini, secara parsial CSR tidak mampu memberikan pengaruh terhadap CV. Secara parsial. ROE memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap CV. Di sisi lain, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika berinteraksi dengan CSR, ROE akan mempengaruhi hubungan antara CSR terhadap CV secara signifikan dan positif. Dengan kata lain juga dapat disimpulkan bahwa profitabilitas (ROE) mampu memoderasi hubungan antara CSR dengan CV. Dengan demikian maka CSR tidak secara langsung mempengaruhi CV, diperlukan faktor pendukung lain seperti ROE yang mampu mempengaruhi sehingga CSR dapat berpengaruh terhadap CV.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)