Self determination merupakan usaha di dalam menentukan tujuan kehidupan diri sendiri. Tiga aspek kebutuhan dasar manusia menurut teori determinasi diri adalah otonomi (autonomy), keterkaitan (relatedness) dan kompetensi (competence). Adaptabilitas karier merupakan kesiapan seorang individu/pelajar untuk mempersiapkan diri dan dapat berperan dalam pendidikannya agar sesuai dengan karier yang ingin dicapai, empat dimensi di dalamnya yaitu kepedulian karier (career concern), pengendalian karier (career control), keingintahuan karier (career curiosity) dan keyakinan karier (career confidence). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dari variabel self determination dengan variabel adaptabilitas karier pada siswa kelas XI SMAN 2 Sendawar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan. Instrumen self determination memiliki 26 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,907. Sedangkan instrumen adaptabilitas karier memiliki 36 pernyataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,956. Hasil analisis korelatif menunjukkan bahwa r hitung (0,833) > r tabel (0,136). Maka dari itu, dapat diketahui bahwa terdapat hubungan secara positif dan signifikan antara variabel self determination dengan variabel adaptabilitas karier. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi determinasi maka semakin baik adaptabilitas karir siswa kelas XI. Variabel determinasi diri berkontribusi sebesar 69,38 % pada varibel adaptabilitas karir siswa. Disarankan bagi guru BK dan pihak sekolah untuk dapat memanfaatkan penelitian yang telah dilakukan agar dapat mempersiapkan layanan dasar yang relevan bagi para siswa kelas XI di SMAN 2 Sendawar. |