Gerakan literasi sekolah suatu kemampuan dalam mengakses, memahami, menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis dan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah khususnya di kelas III di sekolah dasar. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III SD Strada Budi Luhur II, SD Strada Bhakti Wiyata II, SDN Pademangan Timur 06 Pagi dan SDN Margahayu III. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah kualitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah implementasi gerakan literasi pada SD Strada Budi Luhur II, SD Strada Bhakti Wiyata II, SDN Margahayu III, dan SDN Pademangan Timur 06 Pagi telah di jalankan dengan baik di empat sekolah tersebut, namun masih terdapat beberapa kendala yang dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal dan internal. Kegiatan literasi membaca dan menulis di SDN Margahayu III dan SDN Pademangan Timur 06 pagi belum berjalan dengan baik karena kegiatan literasi baru dilaksanakan 1 semester ini. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran bagi guru untuk memberikan sumber belajar lain yang digunakan siswa dalam menumbuhkan semangat literasi baca. |