Persaingan pasar bagi pelaku usaha adalah hal pasti terjadi, penjualan produk yang sama dengan produk kompetitor menjadikan konsumen banyak memiliki pilihan untuk membeli produk yang terbaik dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan saran dan referensi bagi para pelaku usaha untuk membuat produk mereka bisa bersaing dan unggul dari produk kompetitor dengan memerhatikan desain kemasan untuk menarik minat beli konsumen. . Analisis dilakukan menggunakan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Kekuatan yang dimiliki suatu produk adalah berada pada kemasan yang sebagai bagian penting bagi konsumen untuk mengenali produk tersebut. kelemahan yang dimiliki suatu produk adalah kurangnya informasi pada produk yang dijual, peluang yang bisa diterapkan adalah menggunakan material kemasan yang ramah lingkungan, dan kuat agar konsumen tertarik membeli produk tersebut, ancaman dari produk kompetitor dapat diatasi dengan menerapkan inovasi produk yang lebih baik dengan memerhatikan kualitas produk dan juga harga yang terjangkau |