Perkembangan teknologi yang terjadi hingga saat ini memicu adanya konvergensi media, sehingga pihak stasiun televisi memulai untuk memindahkan siarannya ke media digital. Salah satu stasiun televisi yang menggunakan media digital adalah Metro TV dengan siaran TV Digital-nya di aplikasi Metro TV News dan dapat diakses di ponsel pintar. Hal tersebut bertujuan untuk menjangkau lebih banyak penonton kelompok usia muda, khususnya generasi Z. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas siaran TV Digital Metro TV News terhadap minat menonton Generasi Z. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini, antara lain Komunikasi Massa, Media Massa, Konvergensi Media, Minat Menonton, SOR, dan AIDA. Variabel yang digunakan adalah siaran dengan dimensi stimulus. Lalu variabel selanjutnya adalah minat menonton dengan dimensi attention, interest, dan desire. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner secara daring kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa siaran TV Digital Metro TV News efektif dalam menarik minat menonton Generasi Z. |