Selain memiliki kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia memiliki masyarakat yang kaya akan budaya suku dan bangsanya. Sayangnya perkembangan hidup masyarakat di era modern dan derasnya arus globalisasi mengeser gaya hidup masyarakat sehingga eksistensi kekayaan budaya tersebut terancam punah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku teks berbasis literasi budaya Papua dengan target utamanya siswa SD. Siswa SD adalah penerus bangsa yang harus dibekali dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan terutama tentang kekayaan budaya masyarakatnya sehingga tidak hilang ditelan zaman dan dapat dihidupkan dalam kehidupannya sebagai warga masyarakat, warga negara Indonesia dan warga global. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa buku teks dengan judul “Ayo Mengenal Papua”. Buku teks “Ayo Mengenal Papua” sudah melalui tahap validasi para ahli, yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan sudah dilakukan uji coba kepada siswa, shingga dinyatakan layak untuk digunakan. |