Kurikulum merdeka merupakan evolusi dari kurikulum 2013 yang dirancang oleh kementrian pendidikan pada masa jabatan menteri pendidikan Nadiem Makarim. Kurikulum merdeka memiliki kurikulum kompoen yaitu Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, Berkebhinekaan Global, Gotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif. Oleh Sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisa implementasi kurikulum merdeka oleh sekolah penggerak di SDN 01 Pagi Tanjung Priok. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yang dilakukan kepada guru kelas I A dan IV B di SDN 01 Pagi Tanjung Priok. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa SDN 01 Pagi Tanjung Priok, sebagai sekolah penggerak sudah mampu menunjukkan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan performa siswa, berdasarkan asesmen diagnostik yang dilakukan oleh guru dan pendidikan karakter sesuai dimensi profil pancasila. Sehingga dapat dikatakan SDN 01 Pagi Tanjung Priok, transformasi sekolah sudah berada pada level yang diharapkan. |