Membaca adalah salah satu ilmu yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Membaca merupakan kemampuan yang harus dimiliki dan dipelajari pada saat sekolah, khususnya kelas 1 SD harus sudah bisa membaca agar memudahkan proses pembelajaran. Namun, pada saat ini anak kelas 1 SD masih banyak yang memiliki kesulitan membaca terlebih membaca lancar yang membuat mereka kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar pada siswa peneliti melakukan Upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar dengan menggunkan kartu kata dan kartu kalimat. Penelitian ini mendeskripsikan upaya untuk membantu siswa yang masih memiliki kesulitan dalam membaca dengan menggunakan media belajar kartu kata dan kartu kalimat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif action research dimana peneliti melakukan kegiatan Tindakan dalam kelas untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dalam kelas. Kegiatan Tindakan kelas dilakukan selama tiga siklus dengan Melakukan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan yang terlibat dalam kegiatan penelitian adalah 33 orang siswa kelas 1 B dan 1 orang guru kelas 1B SDN 10 Kembangan Utara. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes kinerja, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data kemudiann dianalisis kualitatif. Dari hasil belajar membaca lancar, siswa mendapat nilai rata-rata pada siklus satu 56,45, pada siklus dua 69,53, dan pada siklus tiga 80,90. Dilihat dari nilai rata-rata persiklus terdapat peningkatan hasil membaca lancar pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, media belajar kartu kata dan kartu kalimat dapat meningtkatkan kemampuan membaca lancar pda siswa kelas 1 SDN 10 Kembangan Utara. Kemampuan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar sangat antusias dan aktif. Semua proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar dan semua siswa bisa mengikuti peraturan permainan dengan baik. Sebaiknya sekolah bekerjasama dengan para guru untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar pada siswa kelas I SD dengan menggunakan kartu kata dan kartu kalimat. |