Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses pelaksanaan edukatif yang disusun oleh guru agar peserta didik mampu mencapai kompetensi yang diharapkan lewat interaksi, sebagai seorang pendidik guru harus memiliki kemampuan untuk memahami bagaimana proses pembelajaran yang optimal dan menarik dengan berbagai metode, pendekatan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi keterampilan variasi gaya mengajar yang diterapkan selama proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I sekolah dasar Strada Budi Luhur I. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif depkriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah mengobservasi kelas dan mewawancarai guru. Hasil penelitian yang didapatkan dari pelaksanaan pengumpulan data adalah keterampilan variasi gaya mengajar sudah dikuasai guru kelas I berdasarkan aspek keterampilan variasi gaya mengajaryaitu variasi suara, pemusatan perhatian, pemberian waktu, mengadakan kontak pandang, gerakan badan, dan mimik dan pergantian posisi guru. Terdapat beberapa aspek yang belummaksimal di implementasikan menurut peneliti, yaitu pada aspek pemusatan perhatian olehsalah satu guru dan hal tersebut berakibat pada situasi pembelajaran yang tidak kondusif danketerampilan pemusatan perhatian yang dilakukan oleh guru terkadang tidak membuat semua peserta didik memusatkan perhatian pada kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik asik sendiri dan tidak memperhatikan guru. Saran yang diberikan oleh peneliti bagi guru adalah guru harus lebih memberikan perhatian kepada beberapa peserta didik yang sulit fokus selama proses pembelajaran bahasa Indonesia seperti mendampingi peserta didik tersebut saat menulis soal, membaca cerita, dan mendengarkan penjelasan guru. |