Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:26 WIB
Detail
BukuImplementasi Keterampilan Variasi Gaya Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD Strada Budi Luhur I
Bibliografi
Author: Astriyana, Juventia Intan ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Keterampilan Variasi gaya mengajar dan pembelajaran bahasa Indonesia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses pelaksanaan edukatif yang disusun oleh guru agar peserta didik mampu mencapai kompetensi yang diharapkan lewat interaksi, sebagai seorang pendidik guru harus memiliki kemampuan untuk memahami bagaimana proses pembelajaran yang optimal dan menarik dengan berbagai metode, pendekatan, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi keterampilan variasi gaya mengajar yang diterapkan selama proses pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I sekolah dasar Strada Budi Luhur I. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif depkriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah mengobservasi kelas dan mewawancarai guru. Hasil penelitian yang didapatkan dari pelaksanaan pengumpulan data adalah keterampilan variasi gaya mengajar sudah dikuasai guru kelas I berdasarkan aspek keterampilan variasi gaya mengajaryaitu variasi suara, pemusatan perhatian, pemberian waktu, mengadakan kontak pandang, gerakan badan, dan mimik dan pergantian posisi guru. Terdapat beberapa aspek yang belummaksimal di implementasikan menurut peneliti, yaitu pada aspek pemusatan perhatian olehsalah satu guru dan hal tersebut berakibat pada situasi pembelajaran yang tidak kondusif danketerampilan pemusatan perhatian yang dilakukan oleh guru terkadang tidak membuat semua peserta didik memusatkan perhatian pada kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik asik sendiri dan tidak memperhatikan guru. Saran yang diberikan oleh peneliti bagi guru adalah guru harus lebih memberikan perhatian kepada beberapa peserta didik yang sulit fokus selama proses pembelajaran bahasa Indonesia seperti mendampingi peserta didik tersebut saat menulis soal, membaca cerita, dan mendengarkan penjelasan guru.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)