Perkembangan teknologi berdampak pula pada sektor pendidikan. Salah satu penggunaan teknologi tersebut dapat disebut sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran dirasakan juga sudah beraneka ragamnya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari manfaatnya dapat memiliki banyak manfaat yang akan diperoleh ketika menggunakan media pembelajaran ini dalam proses pembelajaran. Namun berdasarkan kegiatan observasi, fokus perhatian, partisipasi dan motivasi siswa dalam belajar berkurang meskipun menggunakan media pembelajaran. Selain itu, peneliti temukan juga jika kondisi lingkungan kelas mengganggu perhatian siswa. Oleh karena itu, untuk memanfaatkan media pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk meningkatkan perhatian siswa, partisipasi siswa dan motivasi siswa. Peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran PKn siswa kelas IIB di SD Strada Bina Mulia I. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dengan partisipan seorang guru dan 30 siswa kelas IIB. Teknik analisis data interaktif yang mencangkup hal-hal sebagai berikut; reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengumpulan data yang diperoleh guru sudah memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran memiliki peranan penting dalam meningkatkan fokus perhatian, partisipasi dan motivasi siswa dalam belajar. Saran yang dapat diberikan melalui penelitian ini bagi guru adalah melalui hasil penelitian, dalam pemanfaatan media pembelajaran dapat ditambahkan aktivitas-aktivitas yang meningkatkan partisipasi siswa. |