Anda belum login :: 27 Nov 2024 03:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA PENGUATAN TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR
Bibliografi
Author:
Putri, Tasya Kurnia
;
Ariani, Yohana Claudia Dhian
(Advisor)
Topik:
Pendidikan Multikultural
;
Toleransi
;
Sekolah Dasar
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201903550001_Tasya Kurnia Putri_LembarAdministrasi.pdf
(662.15KB;
3 download
)
Tasya Kurnia Putri_Undergraduate Thesis_2023.pdf
(1.81MB;
4 download
)
Abstract
Rendahnya toleransi yang terjadi di lingkungan sekolah dasar menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan. Perlu adanya pengkajian mengenai implementasi pendidikan multikultural yang ada di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural sebagai upaya penguatan toleransi di sekolah dasar. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan pendidikan multikultural di sekolah dasar serta program penunjang pendidikan multikultural yang berjalan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melalui tiga tahapan yakni tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari dua kepala sekolah dan empat guru kelas. Pemilihan partisipan dalam penelitian ini didasarkan atas pengalaman dan pemahaman akan pendidikan multikultural. Keseluruhan data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi di SDS Dasana Indah dan SDN Kampung Bambu I. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan multikultural sudah diimplementasikan di kedua sekolah baik di SDS Dasana Indah maupun di SDN Kampung Bambu I. Implementasi pendidikan multikultural di kedua sekolah terintegrasi ke dalam pembelajaran tematik. Kedua sekolah menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa seperti nilai toleransi, nilai saling menghargai, dan nilai saling peduli. Keseluruhan nilai-nilai multikultural ini diterapkan ke dalam pembelajaran tematik melalui pembiasan sikap sehari-hari. Kegiatan penunjang pendidikan multikultural seperti kegiatan keagamaan yang ada di kedua sekolah masih didasarkan atas tingkat mayoritas agama yang dianut oleh siswa. Sebagian program yang dirancangkan oleh kedua sekolah sudah memperlihatkan unsur multikultural di dalamnya. Contohnya di sekolah SDS Dasana Indah memiliki program ekstrakulikuler musik angklung dan ekstrakulikuler tari daerah. Sementara SDN Kampung Bambu I memiliki program pentas budaya yang biasanya menampilkan tariantarian daerah dan ditampilkan pada saat pelepasan kelas VI atau pada saat akhir semester. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru agar dapat menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang lebih nyata dan sarat akan toleransi, kepada sekolah agar meningkatkan kembali program yang sudah dirancangkan, serta mengembangkan program-program baru yang dapat menunjang implementasi pendidikan multikultural di sekolah, kepada prodi PGSD agar semakin mengembangkan ilmu-ilmu tentang pendidikan multikultural sebagai upaya untuk menguatkan toleransi dalam mata kuliah pendidikan multikultural.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)