Anda belum login :: 27 Nov 2024 12:49 WIB
Detail
BukuPengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Siklus Belajar Pada Pembelajaran IPA Untuk Peserta Didik Kelas V SD
Bibliografi
Author: Haryati, Ignatia Tri ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: LKPD; model siklus belajar; pembelajaran IPA; kelas V SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang mampu mewujudkan suasana yang menyenangkan dan mampu mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan peserta didik mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu upaya dalam mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional, melalui penggunaan bahan ajar LKPD. Dalam pelaksanaan pembelajaraan di kelas masih terdapat guru yang membuat LKPD dalam bentuk penjelasan materi dan berupa soal-soal latihan. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik kelas V SD mengemukakan bahwa mereka menyukai bentuk LKDP yang banyak gambar dan yang terdapat aktivitas kegiatan seperti praktik, kerja kelompok dan diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model siklus belajar pada pembelajaran IPA untuk peserta didik kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu Reseacrh and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis model siklus belajar dikembangkan sesuai dengan langkah model ADDIE dan menghasilkan LKPD berbasis model siklus belajar yang digunakan peserta didik dalam menemukan konsepnya sendiri dalam pembelajaran materi sistem pencernaan manusia. LKPD berbasis model siklus belajar yang dikembangkan memperoleh validasi dari ahli materi dan ahli media juga memperoleh respon dari peserta didik, tampilan menarik dan menyenangkan, sesuai dengan materi yang dipelajari, dapat diemngerti, jelas dan mudah digunakan, serta memperoleh kelayakan produk sebesar 96,17% dengan kualifikasi sangat baik. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memotivasi guru membuat dan menggunakan LKPD berbasis model siklus belajar untuk pembelajaran di kelas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)