Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:41 WIB
Detail
BukuPelaksanaan Pendidikan Multikultural pada Kelas V di SD Strada Bina Mulia I dan SDN 11 PT Cengkareng Timur
Bibliografi
Author: Agrelia, Audrey Frinia ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: pendidikan multikultural; nilai multikultural; pendekatan multikultural; strategi pembelajaran multikultural
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Keberagaman di Indonesia seharusnya menjadi tonggak pemersatu antar warga negara, namun kenyataannya hal itu rentan terjadinya konflik. Konflik mengenai keberagaman tidak hanya terjadi dikalangan orang dewasa, namun juga terjadi pada anak sekolah dasar. Terdapat konflik dimana siswa saling mengejek mengenai perbedaan agama, budaya, warna kulit, bahkan logat bahasa yang dilakukan teman lainnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan adanya pendidikan multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan multikultural pada kelas V di SD Strada Bina Mulia I dan SDN 11 PT mulai dari nilai, pendekatan dan strategi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan forum group discussion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan multikultural yang belum terlaksana yaitu keterbukaan dan mengelola konflik, sedangkan nilai lainnya sudah. Lalu pendekatan dan strategi pendidikan multikultural sudah terlihat dan diterapkan guru di kelas. Guru sebagai pendidik perlu mengembangkan pembelajaran berbasis multikultural agar dapat membentuk siswa agar mengetahui identitasnya serta menjunjung tinggi toleransi dalam keberagaman.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)