Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:37 WIB
Detail
BukuPenerapan Metode Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Membaca Lancar Siswa Kelas I SD RICCI II
Bibliografi
Author: Bakhita, Yosefina ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: metode permainan; permainan ular tangga; membaca lancar
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Membaca merupakan salah satu kemampuan dasar yang dipelajari dan harus dikuasai siswa kelas I SD supaya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Namun, ditemukan siswa kelas I SD RICCI II yang masih belum membaca dengan lancar. Untuk membantu meningkatkan pembelajaran membaca lancar, dilakukan penelitian penerapan metode permainan ular tangga untuk meningkatkan membaca lancar siswa kelas I SD RICCI II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan ular tangga untuk meningkatkan membaca lancar siswa kelas I SD RICCI II. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif action research di mana peneliti melakukan tindakan untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan kualitas tindakan yang dilakukan. Tindakan terdiri atas tiga siklus dengan komponen perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan yang terlibat adalah satu orang guru dan dua puluh orang siswa kelas IB SD RICCI II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kinerja, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis secara kualitatif. Dari analisis hasil belajar, rata-rata nilai membaca seluruh siswa kelas IB pada siklus satu 79, siklus dua 82 dan siklus tiga 84. Dari dua puluh siswa, terdapat sepuluh siswa yang belum membaca dengan lancar. Kesepuluh siswa tersebut mengalami peningkatan membaca lancar. Peningkatan terjadi pada kriteria kejelasan pengucapan dan kriteria membaca secara lancar. Berdasarkan hasil penelitian, metode permainan ular tangga dapat menciptakan pembelajaran membaca yang menyenangkan dan meningkatkan membaca lancar siswa kelas I SD. Namun, diperlukan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan memandu permainan, kemampuan siswa mengikuti aturan permainan, dan media yang mudah digunakan oleh siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)