Berdasarkan hasil observasi selama magang terdapat masalah pada guru dalam mengembangkan komunikasi interpersonal siswa. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan dua orang atau sedikit individu yang saling berinteraksi dan saling memberikan umpan balik satu sama lain. Sembilan aspek yang termasuk ke dalam pesan verbal, antara lain : pesan dikemas, makna pesan ada pada orang, memiliki makna denotasi dan konotasi, pesan bervariasi dalam abstraksi, pesan bervariasi dalam kesopanan, mengkritik dan memuji, pesan bervariasi dalam keasertifan, pesan dapat mengkonfirmasi dan tidak mengkonfirmasi, dan pesan bervariasi dalam kepekaan budaya. Tujuh aspek nonverbal, antara lain : kontak mata, ekspresi, gestur, Bahasa tubuh, kedekatan, unsur vokal dan humor. Penelitian dilakukan secara kualitatif melalui observasi dan wawancara di SD Strada Budi Luhur II di kelas IV paralel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat terlihat dalam mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa |