Musik kreatif adalah karya seni suara berupa lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik dengan proses berpikir, bertindak, mencipta yang mengakibatkan munculnya gagasan atau konsep baru dalam musik yang tidak hanya dimiliki oleh satu individu, tetapi juga dapat dibuat dalam satu grup. Lagu memberikan nuansa yang menghibur. Sifat menghibur ini menciptakan suasana yang menyenangkan dan menyenangkan bagi seorang anak sehingga dalam penerapan proses pembelajaran anak dapat mudah untuk menangkap materi yang disampaikan karena dengan suasana senang. Penggunaan musik atau lagu dalam berbagai kegiatan anak sangat dianjurkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui besarnya potensi musik kreatif dalam membantu peserta didik dalam memahami dan mengingat isi materi pembelajaran yang telah disampaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan pengumpulan data (pretest-posttest). Teknik analisis data yang dipakai yakni uji Uji-T berpasangan (paired sample t test) mengungkapkan tidak adanya pengaruh media lagu musik kreatif terhadap hasil belajar siswa didukung dengan uji t-hitung sebesar 0,930 > 0,05. Artinya dapat disimpulkan bahwa H0 diterima artinya tidak ada perbedaan dan tidak ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar menggunakan media lagu musik kreatif pada pembelajaran sifat-sifat materi pada mata pelajaran IPA kelas V SD Vianney. |