Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:57 WIB
Detail
BukuIMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL KELAS III, IV DAN V DI SD HANG TUAH 8 JAKARTA UTARA
Bibliografi
Author: ROGAI, SRIFANTI ; Agustian, Murniati (Advisor)
Topik: Pendidikan; Implementasi Pendidikan Multikultural; Sekolah Dasar.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendidikan multikultural menjadi semakin penting di era globalisasi, karena latar belakang budaya, agama dan ras orang yang berbeda sehingga dapat saling berinteraksi dalam bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di kelas III, IV, dan V di SD Hang Tuah 8. Dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskritif, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi kepada tiga orang guru kelas dan sepuluh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan upaya dalam menerapkan nilai-nilai multikultural di dalam kelas, seperti identitas, keterbukaan dan keterampilan menghargai keberagaman meskipun nilai ini belum dapat diterapkan secara ideal. Kurangnya penekanan terhadap nilai keberagaman, menyebabkan peserta didik belum sepenuhnya menghargai sesama, selain itu murid juga menunjukan sikap kurang mau bekerjasama dengan teman satu kelas yang berbeda jenis kelamin. Implementasi Pendidikan multikultural di SD Hang Tuah 8 kelas III, IV dan V, belum sepenuhnya terlaksankan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga guru dan peserta didik hanya sempat mengunjungi beberapa tempat saja untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang nilai-nilai multikultural.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)