Gawai merupakan teknologi yang diciptakan manusia untuk mempermudah kehidupan. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari gawai adalah membantu siswa untuk mencari bahan materi pelajaran, buku-buku, dan menonton video pembelajaran. Namun, gawai juga mempunyai sisi negatif, seperti; game dan penipuan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mengetahui dampak dari penggunaan gawai terhadap karakter gemar membaca siswa kelas VD di SD Strada Bina Mulia 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data (kuesioner), teknik analisis data yang dipakai yakni uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini terdapat dampak penggunaan gawai terhadap karakter gemar membaca yang diperoleh nilai sebesar Y=13,314+0,652X, didukung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji t-hitung 8,103 > 2,048. Guru dapat membimbing siswa untuk konsisten menggunakan gawai sebagai alat yang dapat melatih kegemaran membaca, serta pihak sekolah dapat membantu menyediakan bacaan digital dan kemudahan akses bagi siswa. |