Peran pendampingan orang tua sangat penting dalam menanamkan kedisiplinan pada diri siswa. Perilaku disiplin yaitu perilaku yang menunjukkan seseorang taat dan patuh terhadap peraturan. Persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua adalah cara pandang seorang siswa mengenai pendampingan yang diterapkan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua dengan perilaku kedisiplinan siswa kelas V di SDN Tegal Alur 08 PG. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 56 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk mengukur masingmasing variabel. Instrumen persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua terdiri dari 30 pernyataan. Setelah dilakukan uji coba terpakai, menghasilkan 29 pernyataan yang valid dengan koefisien reliabilitas 0,898. Instrumen perilaku kedisiplinan siswa terdiri dari 31 pernyataan. Setelah uji coba terpakai, semua pernyataan yang dinyatakan valid dengan koefisien reliabilitas 0,912. Teknik analisis data yang digunakan pada uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel, peneliti menggunakan uji korelasi product moment. Hasil uji korelasi antara variabel persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua dan perilaku kedisiplinan siswa menghasilkan korelasi sebesar 0,570 dengan nilai signifikansi = 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi yang telah ditentukan yaitu sebesar 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua dan perilaku kedisiplinan siswa. Maka semakin baik persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua yang diberikan maka semakin tinggi juga perilaku kedisiplinan siswa dan sebaliknya. Variabel persepsi siswa terhadap pendampingan orang tua memberikan sumbangan sebesar 32,5% kepada variabel perilaku kedisiplinan siswa. |