Citra merupakan alat yang penting untuk dimiliki organisasi atau perusahaan. Dengan adanya citra yang positif akan membantu perusahaan dalam menjalankan usahanya pada kehidupan sehari-hari. Jika citra organisasi terancam krisis maka kegiatan usaha perusahaan akan terancam maka dari itu penting bagi perusahaan untuk merespons krisis dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh respons komunikasi krisis, yang dilakukan HW Group di Instagram @holywingsindonesia terhadap citra perusahaan HW Group. Untuk mengukur variabel respons komunikasi krisis penelitian ini menggunakan teori situational crisis communication, sedangkan untuk variabel citra perusahaan menggunakan empat elemen citra Personality, Reputation, Value dan Corporate Identity. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan perolehan data menggunakan kuesioner kepada 100 orang responden followers Instagram @holywingsindonesia. Penelitian ini menemukan pengaruh positif antara respons komunikasi krisis yang dilakukan HW Group di Instagram @holywingsindonesia terhadap citra perushaan HW Group, respons komunikasi krisis apologi yang dilakukan berpengaruh sebesar 52,2% sedangkan sisa 47,8% berhubungan dengan variabel-variabel lain. Diharapkan HW Group ke depannya tetap lebih berhati-hati dalam melakukan promosi dan tetap melakukan pemulihan citra perusahaan dengan kegiatan positif lain. |