Minat membaca merupakan komunikasi atau hubungan antara penulis dengan pembaca, dimana terdapat aktivitas yang dilakukan oleh pembaca untuk bisa mendapatkan suatu informasi ataupun pesan yang disampaikan penulis dalam bentuk tulisan. Kebiasaan membaca haruslah ditanamkan sejak dini dalam diri seorang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa Kelas VI SD Negeri Inpre Vim 3 Kotaraja Jayapura Papua. Metode penelitian yang digunakan adalah kulaititatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumetasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa kelas VI SD yang memiliki kemampuan membaca tinggi, sedang, dan rendah, tiga orang tua dari siswa tersebut, guru wali kelas dan petugas perpustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang mempengaruhi minat membaca siswa adalah: kemampuan membaca siswa yang berada pada tahap sedang dan kurang, siswa kurang memanfaatkan waktu untuk membaca, dan siswa jarang mengunjungi perpustakaan. Faktor eksternal yang mempengarui minat membaca siswa adalah: lingkungan sekolah yang kurang mendukiung budaya membaca, peran perpustakaan yang belum maksimal, dan kondisi ekonomi orangtua. |