Perkembangan kurikulum merdeka merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam memulihkan proses pembelajaran agar menjadi lebih bermakna dan relevan, dengan cara memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengakses dan eksplorasi ilmu pengetahuan dari berbagai sumber, dan menyelesaikan suatu permasalahan dari topik yang sedang dipelajari melalui berbagai aktivitas pembelajaran. Namun pembelajaran yang belum begitu melibatkan keaktifan peserta didik dan keterbatasan sumber ajar yang dimiliki oleh guru dan sekolah menjadi salah satu aspek penghambat peserta didik dalam bereksplorasi. Hal ini mengakibatkan peserta didik sulit untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan tanpa adanya sumber bacaan yang memadai dan aktivitas pembelajaran yang menunjang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan LKPD pembelajaran IPA berbasis inkuiri dalam materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, pengisian angket dan Focus Group Discussion (FGD) yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, produk yang dikembangkan oleh peneliti sudah menarik dan menciptakan pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik melalui aktivitas-aktivitas pembelajaran yang terdapat di dalamnya, dan peserta didik mampu belajar secara mandiri menggunakan LKPD pembelajaran IPA baik di dalam maupun di luar kelas. Melalui penelitian ini, peneliti mengharapkan dapat memotivasi guru-guru untuk dapat mengembangkan dan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. |